Menemukan Diri Sendiri, MendapatkaI kigai

Menemukan Diri Sendiri, MendapatkaI kigai image

Seperti halnya pagi diakhiri siang dan siang diakhiri senja, kehidupan terus berputar menumbuhkan dan menuakan raga, namun sang jiwa bisa memilih untuk bertumbuh tidak ada batasnya.

Masa depan memang tidak kita ketahui, ada kalanya kita sejenak terhenti, berfikir apa yang akan kita lakukan dimasa depan nanti? Apa yang ingin kita capai dalam hidup ini? Kebahagiaan? Ketenangan jiwa?

Menemukan momen yang tepat untuk berkontemplasi dengan diri sendiri menjadi bagian yang tak terpisahkan untuk menemukan diri sendiri. Berbagai pertanyaan berkecamuk dikepala.. Sudahkah mendapatkan yang selama dicari? Sudah berjalan dijalan yang memang diyakini? Sudahkan mengisi fitrahnya untuk menebarkan manfaat?

Secara efektif, konsep IKIGAI dari Jepang yang berarti tujuan hidup/ reason of being menjelaskan bagaimana kita bisa menemukan tujuan hidup kita dimulai dari pertanyaan pertanyaan sederhana ini.

1. Apakah hal yang saya sukai?

2. Apakah hal hal yang saya bisa lakukan dengan baik?

3. Apakah hal hal yang saya bisa lakukan untuk mendapatkan nafkah?

4. Apakah kemampuan saya ini memecahkan masalah yang ada didunia?

Maka irisan dari setiap pertanyaan diatas dapat dipetakan pada gambar ini:

 

Amati baik baik, dan mari kita urai.

Apabila saat ini sudah ditemukan 2 bagian yang beririsan; ketika hal yang dilakukan itu adalah sesuatu yang dicintai dan merasa ahli di bidang itu, itulah passion. Ketika hal yang dilakukan adalah sesuatu yang dicintai dan sesuai dengan kebutuhan khalayak, itulah misi. Ketika hal yang kamu lakukan adalah sesuatu yang dikuasai dan mendapatkan bayaran, itulah profesi. Terakhir, ketika hal yang dilakukan adalah sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan khalayak dan mendapatkan bayaran karenanya, itulah pekerjaan (vocation)

Lanjut ya...

Ketika menemukan diri ada pada irisan dari 3 komponen, keterpenuhan semakin baik walapun ada yang tetap terasa janggal.

"Bahan baku" untuk menemukan Ikigai.

1. Ikuti Keingintahuanmu.

Singkatnya quote ini sudah mencakup semuanya.

“Don’t think about why you question, simply don’t stop questioning. Don’t worry about what you can’t answer, and don’t try to explain what you can’t know. Curiosity is its own reason. Aren’t you in awe when you contemplate the mysteries of eternity, of life, of the marvelous structure behind reality? And this is the miracle of the human mind — to use its constructions, concepts, and formulas as tools to explain what man sees, feels and touches. Try to comprehend a little more each day. Have holy curiosity.” – Albert Einstein

2. Be Mindful.

Dalam buku Ikigai Rahasia Jepang untuk Kehidupan yang Panjang dan Bahagia, Hector Garcia dan Francesc Miralles merinci 10 aturan yang dapat membantu siapa pun menemukan ikigai mereka sendiri; 1. Tetap aktif dan jangan pensiun, 2. Meninggalkan urgensi dan mengadopsi langkah kehidupan yang lebih lambat, 3. Hanya makan sampai  80 persen kenyang, 4. Kelilingi diri  dengan teman baik, 5. Bersikap bugar melalui latihan harian yang lembut, 6. Tersenyumlah dan akui orang-orang di sekitar , 7. Berhubungan kembali dengan alam, 8. Bersyukur atas apa pun yang mencerahkan hari kita dan membuat kita merasa hidup. 9. Hidup di saat ini, 10. Ikuti ikigai!

Sudah siap menemukan diri sendiri?